Cara Tata Kamar Tidur yang Baik dan Benar

Kamar tidur memang merupakan lokasi yang paling nyaman saat berada di rumah. Oleh karenanya, semua orang akan menata kamar tidur sesuai dengan selera. Tapi, di balik itu semua, penataan kamar tidur ternyata berpengaruh kepada kualitas tidur si pemilik kamar. Lantas, bagaimana ya cara menata kamar supaya bisa tidur dengan nyenyak? Yuk deh simak ulasan hargatokomaterial.com berikut ini.

Mendominasi kamar dengan warna biru

Cara Tata Kamar Tidur yang Baik

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengubah cat kamar menjadi warna biru. Hal ini bukan tanpa alasan, ya. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, warna biru tersebut bisa mengurangi tekanan darah serta menurunkan detak jantung, sehingga bisa membuat kalian semua tidur lebih nyenyak. Tapi, warna ini tak hanya berlaku untuk dinding, namun bisa juga gorden atau aksesoris yang ada di dalam kamar.

Meminimalisir cahaya yang ada di dalam kamar

Cara Tata Kamar Tidur yang Baik Dengan Cahaya

Kemudian, kalian juga dapat meminimalisir cahaya yang ada di dalam ruangan. Apabila kalian tidak bisa tidur tanpa menggunakan lampu, gunakanlah lampu tidur yang cahayanya temaram, atau dapat dengan menyalakan lilin beraroma lavender yang bisa membuat suasana kamar menjadi lebih nyaman. Mungkin juga kalian bisa menggunakan tirai jendela minimalis untuk mengurangi cahaya yang masuk dari luar.

Memilih kasur yang nyaman

Cara Tata Kamar Tidur yang Baik Dengan Kasur

Tips selanjutnya, kalian harus memilih kasur yang cukup nyaman. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh, karena jika tidak nyaman, maka kualitas tidur kalian akan terganggu. Selain itu, kasur yang tidak nyaman juga bisa mengubah struktur tubuh kalian, misalnya sakit punggung yang dapat mengakibatkan kebongkokan. Maka dari itu, sebelum membeli tempat tidur, konsultasikan dulu kepada penjualnya.

Menyingkirkan barang-barang yang tidak perlu

Cara Tata Kamar Tidur

Cara lainnya yang dapat dilakukan, yaitu menyingkirkan benda-benda yang tidak perlu. Barang yang dimaksud, yang berada di atas tempat tidur. Menurut beberapa penelitian yang ada, jika kasur terlalu penuh dengan barang, maka kualitas tidur menjadi lebih buruk. Oleh karenanya, sebisa mungkin, tempat tidur hanya dipenuhi barang yang diperlukan, seperti bantal, guling dan juga selimut.

Mendekorasi dinding sesuai selera

dekorasi dinding

Tidak hanya warna, dinding bisa kalian tambahkan dekorasi, seperti hiasan berbentuk kupu-kupu, foto, lampu tempel dengan beragam bentuk dan masih banyak lagi. Penggunaan dekorasi ini bisa menambah suasana nyaman dalam kamar dan bisa membuat mood kalian menjadi lebih baik lagi. Namun, diusahakan dekorasi tersebut tidak terlalu penuh, karena jika terlalu banyak, kamar akan terlihat lebih sumpek.

Hindari kasur yang berdekatan dengan jendela

kasur yang berdekatan dengan jendela

Kalau kalian ingin menata kamar, usahakan untuk tidak meletakkan kasur berdekatan dengan jendela. Alasannya karena kalian bisa tergoda untuk melihat ke arah luar, ketika ada sesuatu di luar. Kemudian, sinar dari arah luar juga dapat membuat tidur kalian menjadi terganggu. Tapi, kalau ukuran kamar tidak memungkinkan, pakailah gorden yang agak tebal, supaya cahaya luar tidak mudah masuk ke dalam ruangan.

Kenyamanan bantal yang perlu diperhitungkan

bantal

Terakhir, kalian juga wajib memperhatikan kenyamanan bantal, seperti tipis/tebalnya, elastis atau tidak, isian bantalnya dan masih banyak lagi. Kalau kalian tidak memperhatikan kenyamanan bantal, ada banyak hal yang bisa berpengaruh, seperti kualitas tidur yang menjadi lebih buruk dan gangguan kesehatan yang sudah pasti terjadi. Gangguan kesehatan yang dapat menyerang karena hal tersebut adalah sakit leher, sakit punggung dan otot-otot terasa kaku. Jika sudah begini, bukan hanya tidur yang terganggu, tapi kalian juga menghabiskan uang untuk memeriksakan diri ke dokter.

Categories: Dekorasi