Harus Diketahui!! Inilah Pentingnya Menggunakan Waterproofing Untuk Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu area yang seringkali basah dan sangat penting untuk kamar mandi untuk mendapatkan sentuhan waterproof untuk mengurangi risiko kerusakan dan kerapuhan struktur yang dikarenakan oleh kondensasi, kebocoran dan lain-lain.

Waterproofing Untuk Kamar Mandi

Kebutuhan Waterproofing Untuk Kamar Mandi

Ada beberapa kebutuhan minimal yang harus dipenuhi untuk melakukan waterproofing pada kamar mandi.

  • Lakukan waterproofing pada lantai yang seringkali terkena genangan air.
  • Setidaknya 100mm dibawah lantai kamar mandi harus dilakukan waterproofing.
  • Setidaknya 150mm diatas dinding di dalam kamar mandi harus dilakukan waterproofing.
  • Sisi vertical antara dua dinding di kamar mandi harus di waterproofing setidaknya setingga 1800mm.
  • Seluruh lantai kamar mandi harus di waterproof jika menggunakan keramik kayu atau particleboard.
  • Agar tidak mendapatkan kerusakan karena air, sangat penting untuk menambah kebutuhan minimal ini dan pastikan bahwa seluruh dinding yang sering terkena genangan air harus menggunakan waterproof secara menyeluruh.

Proses Waterproofing Untuk Kamar Mandi

Sangat penting ketika anda sedang melakukan renovasi pada kamar mandi, seluruh permukaan kamar mandi harus dipersiapkan dengan baik. Khususnya penting untuk fokus pada dinding dan lantai, antara dua dinding dan seluruh lantai kamar mandi khususnya. Pastikan bahwa permukaan bersih dan tidak terdapat kotoran yang bisa berimbas pada area waterproofing.

Menggunakan waterproofing kemudian akan diaplikasikan ke seluruh permukaan kamar mandi, setelah waterproofing coating telah dilakukan, tunggu satu hingga dua jam sebelum melakukan proses pelapisan kedua kalinya. Kemudian waterproofing selanjutnya harus diaplikasikan di arah yang berbeda. Contohnya jika coating pertama dilakukan secara vertical, maka coating kedua harus secara horizontal. Jangan gunakan kamar mandi terlebih dulu hingga proses waterproofing benar-benar meresap. Biasanya proses ini membutuhkan waktu hingga lima hari tergantung dengan cuaca di daerah anda.

Baca juga: Trik Siapkan Gedung Di Lahan Dengan Tanah Rawan Amblas

Langkah-Langkah Waterproofing Kamar Mandi

  1. Gunakan sikat, penyeka debu atau vacuum cleaner untuk membersihkan lantai dari kotoran dan debu secara menyeluruh.
  2. Langkah berikutnya adalah lakukan waterproof pada kamar mandi anda dengan menggunakan primer. Masukkan primer kedalam kaleng dan gunakan roller untuk mengaplikasikannya.
  3. Setelah primer kering secara utuh, anda bisa mulai menutupi jarak-jarak yang ada di dinding dengan menggunakan silicon. Pertama-tama, hilangkan silicon lama dari area yang ingin anda tutupi. Anda bisa menggunakan pisau cutter. Lihatlah jaraknya lalu pastikan ukuran yang ingin anda tutupi menggunakan silicon. Setelah anda memutuskan ukurannya, gunakan pisau untuk membolonginya untuk menciptakan seal. Masukkan silicon dan tunggu 24 jam hingga kering.
  4. Untuk membantu anda, gunakan selotip di sekeliling dinding. Temple selotip sesuai dengan keinginan anda karena ini akan membantu anda mencegah bagian mana yang tidak ingin anda cat.
  5. Menggunakan produk waterproofing adalah langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proyek waterproofing kamar mandi anda. Untuk mempermudah pekerjaan anda, gunakan produk waterproof di ujung dinding kamar mandi anda. Anda bisa menggunakan roller untuk menggunakan produk.
  6. Langkah selanjutnya adalah menambah waterproofing membrane. Carilah produk yang berkualitas. Ambil kertas waterproofing dan potong panjang untuk menyesuaikan dengan dinding dan lantai. Anda bisa menggunakan roller untuk mencopotnya.
  7. Setelah waterproofing telah diaplikasikan hingga mengering, anda bisa mengecat seluruh ruangan. Biasanya anda harus bersabar karena membutuhkan waktu hingga 24 jam untuk membiarkannya mengering.
Categories: Bahan Bangunan