Ini Daya Guna Pasir Pasang Untuk Bangunan Anda

Pasir Pasang

Pasir adalah bahan bangunan yang murni berasal dari alam tanpa melalui proses industri yang begitu rumit dan tercampur dengan bahan kimia. Adapun, jenis pasir yang paling sering digunakan adalah pasir pasang. Jenis pasir ini tergolong menjadi dua bagian lagi, yaitu pasir yang berasal dari gunung dan pasir sungai. Pasir yang berasal dari gunung biasanya terbuat dari bebatuan besar yang sengaja dileburkan sehingga menjadi butiran – butiran halus. Sedangkan pasir sungai memang dari awalnya sudah berbentuk pasir tetapi kemudian disaring supaya tidak tercampur dengan tanah dan bebatuan kecil, lalu dikeringkan hingga jadilah pasir berwarna putih yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan. Karena kemurniannya inilah pasir jenis pasang menjadi suatu barang yang wajib digunakan dalam membangun sebuah proyek bangunan.

Manfaat Dan Fungsi Pasir Pasang Sebagai Bahan Bangunan

Pasir pasang termasuk salah satu jenis material yang memiliki peranan paling penting dalam membangun sebuah proyek bangunan. Pasir ini memiliki banyak fungsi dan manfaat dalam membangun suatu gedung atau tempat tinggal seperti rumah. Hampir setiap proses pembangunan memerlukan pasir sebagai bahan utamanya. Selain itu, pasir ini juga bisa mempengaruhi kualitas dan kekuatan gedung yang akan dibangun. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan pasir dalam pelaksanaan proyek bangunan. Berikut ini beberapa manfaat serta fungsi pasir sebagai bahan bangunan yang paling penting:

Membangun Tembok Dengan Melekatkan Batu Bata

Tembok merupakan bagian terpenting dalam bangunan untuk menjaga keutuhan serta kekokohan bangunan itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, untuk membangun tembok diperlukan banyak batu bata atau batako yang disusun secara rapih. Tetapi diperlukan spesi untuk melekatkan antara batu bata yang satu dengan batu bata lainnya. Adapun, spesi yang dimaksud adalah campuran yang terbuat dari semen dan pasir pasang.


Baca ini juga: Aneka Ragam Jenis dan Harga Lantai Vinyl


Pembuatan Beton

Manfaat pasir yang paling penting adalah sebagai bahan dasar dari pembuatan beton. Untuk membuat beton diperlukan pasir pasang karena material ini adalah bahan utamanya. Dengan mencampurkannya bersama semen bermutu dan kerikil sambil terus diaduk, maka beton akan dihasilkan. Dalam proses pencampuran ini, pasir memiliki manfaat untuk membantu mengikat semen dan kerikil supaya cepat mengeras sehingga terbentuklah beton. Adapun kegunaan beton dalam bangunan yaitu untuk membuat kolom struktur yang nantinya akan berfungsi sebagai penahan bangunan. Sehingga dapat membuat bangunan tempat tinggal seperti rumah menjadi kokoh.

Memasang Keramik

Memasang Keramik

Siapapun pasti mengetahui kalau keramik adalah material bangunan yang digunakan sebagai pelapis struktur lantai. Permukaan lantai dari suatu rumah perlu dilapisi material pelapis seperti keramik supaya tampilan ruangan menjadi lebih menarik dan lebih nyaman juga ketika diinjak. Dalam hal ini, pasir berfungsi sebagai bahan perekat untuk melekatkan keramik ke atas permukaan struktur lantai. Bayangkan saja jika keramik dipasang tanpa bahan perekat, pasti keramik tersebut akan lepas lagi dengan sendirinya dan bahkan bisa – bisa meledak di kemudian hari. Meskipun pelekatan keramik bisa dilakukan hanya menggunakan adukan semen, tetapi jika tidak dicampur pasir bangunan, maka kualitas lantai yang dihasilkan pasti sangat buruk karena adukan semen jika sudah mengering lama kelamaan akan terpisah atau lepas dari keramik sehingga tidak bisa menyatukan permukaan struktur lantai dalam jangka waktu yang cukup lama. Sedangkan jika adukan tersebut dicampur dengan pasir, keramik akan menempel dengan kuat karena memang pasir memiliki fungsi sebagai pengikat diantara partikel – partikel keramik dan struktur lantai.

Categories: Bahan Bangunan