Inspirasi Penggunaan Skylight Untuk Membuat Rumah Semakin Menawan!

Dalam membangun rumah, terdapat beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan. Mulai dari persoalan budget, lahan yang ada, tema yang akan dibangun sampai material konstruksi. Hal-hal tersebut harus dipertimbangkan dengan matang agar dikemudian hari tidak muncul kesulitan dalam soal perawatan. Termasuk halnya untuk memperhitungkan konstruksi bangunan yang ramah energi.

Salah satu cara untuk menerapkan konsep rumah energi ialah dengan melengkapi rumah menggunakan skylight. Seperti namanya, skylight membiarkan cahaya dari luar baik matahari atau pun bulan pada malam tiba ke dalam ruangan. Sehingga mampu menghemat daya yang digunakan untuk penerangan pada siang hari sebab cahaya matahari yang cukup. Material yang cocok dan memiliki sifat meneruskan cahaya ialah kaca tempered. Harga kaca tempered memang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan harga kaca pada umumnya. Sebab kaca tempered memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya istimewa dan dimintai banyak orang.

Ketebalan kaca tempered yang digunakan pun berbeda-beda. Kisarannya mulai dari 8 mm sampai dengan 12 mm. Anda bisa lakukan survei untuk mendapatkan harga kaca tempered 12 mm yang terbaik di antara toko-toko yang ada. Pada pengaplikasian skylight bisa ditempatkan di beberapa ruangan. Mulai dari dapur, kamar mandi dan juga kamar tidur.

Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan skylight di rumah Anda, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu untuk mempertimbangkan apakah penggunaan skylight akan maksimal dengan jatuhnya bayangan matahari di lokasi rumah Anda. Anda bisa menggunakan para konsultan selain untuk pertimbangan lokasi rumah, intensitas pencahayaan, juga untuk meminta perkiraan harga kaca tempered 12 mm terpasang agar memiliki ancang-ancang anggaran biaya. Jika Anda sudah merasa mantap untuk melengkapi rumah dengan skylight maka Anda bisa mencari inspirasi skylight rumah Anda melalui beberapa model berikut ini.

4 Inspirasi Skylight yang Menarik Untuk Hunian Anda

1. Minimalis Skylight Untuk Dapur

Salah satu bagian pada rumah yang sangat penting untuk ditambahkan skylight adalah dapur. Dapur membutuhkan cahaya lebih agar tidak terkesan gelap dan pengap. Skylight yang bisa dibuka tutup akan lebih maksimal fungsinya sebab bisa membantu bertukarnya udara. Terutama untuk menetralkan asap dan bau bumbu masakan. Desain minimalis sangat cocok diterapkan untuk skylight di bagian dapur. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan kesan mencolok namun tetap berfungsu sebagaimana mestinya.

2. Mini Skylight Untuk Kamar Mandi

Akan sedikit aneh bila kamar mandi diberikan jendela. Sebab akan was-was dan gelisah bila dibuka dalam keadaan sedang digunakan. Maka dari itu untuk memberikan penerangan maksimal kamar mandi bisa dilengkapi dengan skylight kecil yang terletak menjorok ke atas atau tepat berada di langit-langit. Sementara kaca bisa tetap digunakan meski bukan untuk membuat jendela. Sebagai gantinya kaca pada kamar mandi bisa digunakan sebagai partisi.

Baca juga: Tips Menciptakan Interior Barber Shop Anak yang Ceria dan Menyenangkan

3. Skylight Kubah Untuk Ruang Keluarga

Skylight juga bisa digunakan untuk ruang keluarga. Terutama bagi ruangan yang menginginkan plafon lebih tinggi. Menggunakan skylight dengan jenis ini seolah menghadirkan kesan Eropa yang kental di rumah Anda.

4. Skylight Transparan Di Kamar Tidur

Memiliki kamar tidur yang nyaman adalah idaman setiap orang. Hal ini akan berpengaruh positif terhadap kualitas tidur seseorang. Di kala malam, pikiran bisa lebih relaks dengan melihat langit dan bintang-bintang. Skylight transparan yang bisa dibuka akan lebih bagus lagi untuk membangun mood. Sementara jika Anda menginginkan privasi lebih bisa juga kombinasikan skylight dengan blind roller. Pastikan kaca yang digunakan adalah kaca tempered karena kaca tempered memiliki kualitas terbaik dari segi keamanan. Makanya harga kaca tempered juga relatif lebih tinggi.

Categories: Dekorasi