Mau Membuat Konsep Interior Restaurant? Cermati Ini Dulu

Hargatokomaterial.com – Memulai bisnis restaurant membutuhkan fokus yang maksimal. Salah satunya dalam menentukan konsep interior agar konsumen yang datang memiliki kesan positif dan mengundang mereka untuk datang kembali. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dipastikan kondisinya terlebih dahulu sebelum memilih konsep dan meminta bantuan kontraktor restaurant untuk mewujudkannya.

7 Hal Ini Perlu Dipastikan Sebelum Tentukan Konsep

Lokasi, kondisi ruangan, akses jalan di dalam restaurant, pencahayaan dan menu makanan perlu menjadi perhatian sebelum menentukan konsep interior. Ketika semuanya sudah jelas maka dengan sendirinya Anda bisa membayangkan bagaimana jika semua ruangan di bangunan tersebut bisa dimaksimalkan untuk membuat pengunjung betah di dalamnya.

1. Lokasi

Memastikan dimana lokasi sangatlah penting, apakah di lokasi strategis pusat kota atau di pelosok dengan pemandangan yang indah, karena konsepnya pasti akan berbeda nantinya. Begitu juga dengan luas dari bangunan restaurant, berapa jumlah ruangannya. Jika Anda menunjuk kontraktor restaurant untuk membantu menentukan konsep, maka pastikan mereka juga sudah melihat lokasi dengan baik.

2. Kondisi Ruangan

Selanjutnya Anda harus melihat kondisi semua ruangan yang ada di dalam bangunan mulai dari ruangan yang akan dijadikan tempat makan, dapur hingga toilet. Hal ini akan menjadi pertimbangan interior seperti apa yang bisa diterapkan pada restaurant nantinya. Contoh, bangunan memiliki dapur seperti bar maka konsep bar mini bisa diterapkan nanti.

Atau jika ruangan dibagi atas beberapa bagian, maka Anda bisa menerapkan konsep klasik berpadu modern. Serta memilah apakah ada ruangan smoking area, VIP atau ruang yang digunakan untuk meeting oleh konsumen.

3. Akses Jalan Di Dalam Restoran

Lalu lintas dalam restaurant juga harus diperhatikan oleh Anda dan kontraktor restaurant. Misalnya  lalu akses menuju meja kasir untuk pembayaran transaksi bagi konsumen yang sudah selesai makan. Begitu juga akses jalan jika konsep prasmanan, atau langsung pesan ke area resepsionis. Dengan begitu konsep akan terbuat dengan baik di mana tak akan ada penumpukan konsumen di sebuah area.

4. Pencahayaan

Cobalah perhatikan berapa lampu yang bisa dipasang di ruangan restaurant Anda. Jika ingin menerapkan konsep interior remang-remang pasti harus dipastikan lampu bagian mana yang harus hidup dan jenis lampu yang akan di pakai. Begitu juga jika ingin mengedepankan konsep futuristik tentu butuh tambahan pencahayaan warna-warni untuk mendukungnya.

5. Menu Makanan

Ini merupakan hal yang sangat penting juga untuk dicermati. Sehingga saat menentukan konsep bersama kontraktor restaurant Anda tak akan kesulitan. Sebab menu akan menentukan bagaimana proses penyajian, bagaimana tata letak meja di dalam ruangan, hingga akses pembayaran. Contoh menu makanan tradisional Indonesia bisa menjadi pertimbangan untuk membuat konsep tradisional pula.

6. Lantai Ruangan

Kenapa lantai penting untuk dijadikan bahan pertimbangan? Karena lantai sangat berhubungan dengan interior. Misalnya, jika lantainya dari beton saja, tentu butuh aksesoris pemanis seperti karpet agar kelihatan lebih mewah. atau jika lantainya keramik tentu akan lebih mudah dipadukan dengan konsep agar sepadan.

7. Plafon dan Pintu

Plafon di atas ruangan juga sangat menentukan konsep yang akan diterapkan. Jika tidak menggunakan plafon maka Anda dan kontraktor restaurant tentu harus punya anggaran untuk menutup bagian atap agar tidak mengganggu kenyamanan pelanggan, apalagi jika bangunan berada di kawasan dengan iklim panas. Begitu juga dengan jenis pintu, apakai manual atau menggunakan pintu geser.

Dengan mencermati hal-hal di atas akan sangat memudahkan Anda untuk menentukan konsep interior yang tepat. semakin paham Anda pada kondisi bangunan maka akan semakin tepat konsep yang akan dipalai nanti. Sudah siap membangun restaurant dengan ciri khas terbaik?

Categories: Furniture