Memilih Jenis AC Sesuai Kebutuhan

Air Conditioner atau dalam bahasa Indonesia disebut juga pendingin udara, merupakan salah satu barang elektronik yang tengah marak pemakaiannya saat ini. Fungsinya antara lain untuk mengkondisikan, atau memperoleh temperatur udara yang nyaman bagi tubuh. Umumnya AC digunakan tak hanya untuk kebutuhan rumah tangga melainkan juga pada wilayah perkantoran, sekolah, maupun tempat umum yang memiliki ruangan tertutup. Namun tahukah Anda ada beragam jenis AC yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan membelinya, simak penjelasan berikut ini sebelum membeli ya.

Jenis AC

1. AC Split Wall 

AC Split Wall 

Jenis AC ini merupakan yang paling sering ditemui baik untuk kebutuhan rumah tangga, kantor, maupun sekolah. Umumnya penggunaan jenis AC ini cukup digemari karena relatif lebih murah, tidak memakan banyak tempat dan mudah dari segi perawatannya. Jenis AC ini memiliki dua bagian yang diletakkan terpisah, bagian indoor diletakkan pada dinding ruangan, sedangkan bagian outdoor diletakkan pada luar ruangan. Tipe AC split wall biasanya memiliki kapasitor pendingin mulai dari 0,5 PK sampai 2 PK.

2. AC Central 

AC Central 

Sistem AC Central merupakan sistem pendingin ruangan yang terpusat pada satu lokasi dan kemudian di distribusikan ke beberapa ruangan. Sayangnya jenis AC ini memiliki kekurangan dimana sistem operasinya harus memiliki ruangan tersendiri sehingga tidak dapat diterapkan pada kondisi perumahan atau bangunan yang memiliki keterbatasan lahan. Kapasitas udara yang dihasilkan pada sistem ini cukup besar, sehingga lebih cocok digunakan pada gedung bertingkat, pusat pelayanan seperti Rumah Sakit, Hotel, bahkan Mall. 

3. AC Cassette

AC Cassette

Tipe AC ini hampir sama dengan AC split wall karena memiliki dua bagian indoor dan juga outdoor namun berukuran sedikit lebih besar dan pemasangannya pada langit-langit ruangan. Jenis AC ini sangat cocok digunakan pada ruangan dengan luas yang cukup besar dan memiliki plafon atau langit-langit yang cukup tinggi. Ukuran kapasitor pada AC jenis ini berkisar antara 1,5 PK sampai dengan 6 PK. Nah, kalau Anda memiliki kriteria ruangan seperti diatas mungkin pemilihan AC jenis ini bisa diperhitungkan yaa.

4. Standing Floor AC 

Sering pergi ke acara pernikahan atau pertemuan tertentu? Pasti Anda sering menemukan jenis AC besar yang berdiri di sudut ruangan. Benar! Standing floor AC atau standing AC adalah salah satu pendingin ruangan portable alias dapat dipindah sesuai dengan kebutuhan acara. Keunggulan lain dari jenis AC ini adalah kapasitasnya yang besar mencapai 5 PK sehingga dapat digunakan pada ruangan yang cukup luas, selain itu kemudahan instalasi dari jenis AC ini menjadi salah satu keunggulan tersendiri karena tidak perlu menggunakan teknisi khusus untuk pemasangan sistemnya. Jika Anda berniat mengadakan suatu acara dan membutuhkan tambahan pendingin udara, jangan khawatir jenis AC standing floor ini telah banyak dimiliki perusahaan jasa yang menyediakan rental AC tersebut.

Standing Floor AC 

Pada dasarnya memilih pendingin udara sejatinya dapat disesuaikan pada kebutuhan dan penggunaannya, jangan sampai asal memilih dan tidak memperhitungkan tujuan kegunaan, luas ruangan, dan kapasitas pendingin itu sendiri. Dalam memilih AC kita pasti sering mendengar ukuran PK, tapi tahukah Anda yang dimaksud dengan PK itu sendiri?

 

Baca juga: Varian Karpet Tile untuk Percantik Sudut Kantor

 

PK berarti Paard Kracht atau daya kuda, ini adalah satuan mengenai kapasitas yang dihasilkan sebuah pendingin udara dan kaitannya dengan kebutuhan suatu ruangan. Pada kebutuhan standar seperti pada perumahan, AC dengan ukuran mulai dari 1/2 PK merupakan pilihan AC terbaik dan tepat untuk penggunaan ruangan yang tidak terlalu besar. Pilihan AC mulai dari 1/2 PK dapat menjadi pilihan untuk menghasilkan temperatur udara yang sesuai dengan penggunaan listrik yang lebih hemat pula.

Categories: Kelistrikan