Mengapa Perlu Membuat Roof Garden di Rumah?

Roof Garden di Rumah

Seperti yang kita tahu, perkembangan teknologi dan industri memiliki dampak yang kurang baik terutama dalam hal polusi udara. Global warming bukan lagi menjadi isu namun masalah global yang perlu partisipasi seluruh lapisan masyarakat dunia. Mungkin Anda berpikir tidak banyak yang dapat Anda lakukan sebagai masyarakat biasa, namun membuat kebun di rumah dapat membuat perubahan yang cukup signifikan terutama bagi Anda dan keluarga. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai lahan yang diperlukan karena Anda dapat membangun kebun di balik atap rooftop rumah Anda.

Membangun Roof Garden di Rumah

Mengubah rooftop di rumah Anda menjadi kebun atau seringkali disebut dengan roof garden merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan ruang terutama bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan besar dimana ruang dan lahan cukup terbatas. Sebelum mulai membangun roof garden berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Desain dan perencanaan yang matang.

desain roof garden di rooftop

Sebelum memulai membangun roof garden di rooftop, pastikan perencaan dan desain yang Anda pilih dapat dilaksanakan sesuai dengan keinginan dan ketahanan atap anda. Tanah merupakan material padat yang cukup berat terutama ketika basah oleh karena itu rencanakan pertemuan dengan insinyur struktur yang dapat membantu Anda menghindarkan kerusakan struktur atap rooftop Anda. Seorang insinyur struktur dapat membantu mengalkulasikan resiko penggunaan besi, semen ataupun material lainnya yang perlu Anda tambahkan di roof garden Anda.

2. Memilih tanaman yang sesuai.

Tanaman yang akan anda tanam di roof garden Anda haruslah yang sesuai dengan keadaan sekitar. Jika tidak ada bangunan tinggi di sekitar rumah maka tanaman yang ditanam haruslah yang tahan cuaca panas dan terkena sinar matahari lansung sepanjang waktu. Tidak hanya matahari namun juga hujan lebat dan angin kencang. Jika ingin tanaman Anda lebih aman mungkin Anda dapat memasang dinding dan atap transparan pada roof garden Anda. Penggunaan dinding dan atap jenis ini dapat membantu pengaturan cahaya dan panas untuk kebun di atap Anda. Tanaman Anda juga akan terhindar dari paparan sinar matahari langsung yang mungkin dapat membuat tanaman cepat layu dan mati.


Baca ini juga: 3 Meja Kantor Paling Recommended di Tahun 2019


3. Perhatikan sistem irigasi dan drainase.

Ketika membangun sebuah roof garden, irigasi merupakan hal yang dapat menjadi masalah jika tidak direncanakan dengan baik. Tentu Anda tidak ingin menarik selang dari lantai bawah hingga atas dua kali sehari untuk menyiram tanaman, bukan? Oleh karena memasang sistem irigasi yang tepat harus menjadi prioritas sebelum membangun roof garden. Drainase juga merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan mengenai masalah air pada kebun di rooftop terutama yang tertutup dan lembab. Drainase yang buruk akan merusak struktur atap Anda dan merusak tanaman.

Manfaat roof garden di hunian Anda

Selain mempercantik rumah, membuat roof garden memiliki berbagai manfaaat dan keuntungan yang dapat Anda rasakan, yaitu:

  • Efesiensi energi dan mengurangi polusi. Seperti yang kita tahu bahwa tanaman menyerap karbondioksida dan memproduksi oksigen yang kita butuhkan. Hal ini tentu membantu membuat lingkungan lebih sejuk dan mengurangi pemakaian AC. Tanaman yang berada di atap rumah Anda juga akan membantu Anda mengoptimalkan air hujan serta mengurangi sampah rumah tangga karena dapat dijadikan pupuk kompos bagi kebun Anda.
  • Ruang terbuka untuk keluarga. Roof garden menyediakan ruang terbuka bagi Anda dan kelurga untuk menikmati alam dan udara bersih tanpa harus keluar rumah. Kebun di atap ini juga dapat mengurangi stress dan meningkatkan ketenangan karena tanaman juga berfungsi mengurangi polusi suara.
  • Meningkatkan kesehatan tubuh dan mental Anda. Menurut penelitian, kontak dengan alam secara teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mental Anda dan membuat Anda lebih bahagia. Terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar dengan tingkat stress dan tekanan yang tinggi maka roof garden dapat menjadi salah satu bentuk terapi yang mengasyikan dan tanpa biaya tambahan karena berada di rumah Anda sendiri.
Categories: Bahan Bangunan, Dekorasi