Seputar Aspek Keamanan Pada Penggunaan Pintu Kaca

Pemanfaatan Pintu Kaca Sebagai Bagian Dari Usaha Anda

Setiap rumah yang ada di Indonesia pasti menggunakan media kaca pada setiap bangunannya. Kaca digunakan sebagai alat bantu pencahayaan di rumah atau bagunan lain. Kaca biasa dipasang pada jendela rumah atau bisa juga digunakan sebagai sekat ruang kerja. Ruangan yang memanfaatkan kaca sebagai sekat akan menghasilkan kesan luas dan terang.

Kaca memang memiliki banyak manfaat pada bangunan rumah. Beberapa bangunan seprti toko juga biasa menggunakan kaca sebagai pintu. Penggunaan kaca bening pada sebuah toko bisa jadi bertujuan untuk mendatangkan banyak pembeli. Pembeli akan dapat melihat barang dari luar sebelum akhirnya tertarik untuk memasuki sebuah toko. Sayangnya kekhawatiran tentang keamanan penggunaan pintu kaca membuat banyak orang berpikir dua kali untuk menggunakan pintu kaca tempered.

Banyak masyarakat yang khawatir dan merasa takut apabila pintunya terbuat dari kaca. Takut mudah pecah serta takut toko akan mudah dijebol maling. Padahal pada kenyataanya, pintu kaca justru memiliki tingkat kemanan yang bagus. Berikut ini beberapa keuntungan ketika menggunakan pintu dari kaca.

Sulit Didobrak

Apabila kita berjalan-jalan di pusat perbelanjaan pasti akan menemukan banyak toko memanfaatkan pintu kaca. Para pemilik toko jelas paham bagaimana cara memanfaatkan pintu kaca agar tetap aman dan tidak membahayakan. Pintu yang terbuat dari kaca biasanya membuat para pelaku kejahatan merasa bingung untuk menggasak barang yang ada di dalamnya.

Pintu kaca akan menimbulkan suara yang keras apabila didobrak sehingga rawan ketahuan. Apabila pintu dibuka dengan cara dicongkel maka kemungkinan kaca akan pecah dan hasilnya sama. Suara pecahan kaca yang nyaring akan menarik perhatian masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, pintu kaca memiliki tingkat keamanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan pintu kayu. Pelaku kejahatan memerlukan alat-alat yang canggih agar mampu melakukan aksinya dengan mulus. Kalau tidak memiliki alat yang bagus tentu akan berakhir dipenjara atau amuk masa.

Kuat

Kaca adalah barang rapuh yang sangat mudah pecah dan rentan rusak. Anggapan seperti ini muncul karena beberapa jenis kaca memang sangat mudah pecah. Tetapi hal ini tidak berlaku pada pintu kaca tempered. Kaca jenis ini sangatlah kuat dan keras sehingga kemungkinan pecah cukup kecil.

Biasanya kaca yang digunakan sebagai pintu juga memiliki ketebalan 2-3 cm. Kaca setebal ini sangat kuat dan sulit untuk pecah. Kaca tidak pecah ketika ditinju oleh orang dewasa. Justru tangan yang digunakan untuk memukul kaca akan terasa sakit dan bisa jadi mengalami luka.

Tidak Mudah Pecah

Beberapa toko bangunan juga jual pintu kaca dengan kualitas bangus dan tidak mudah pecah. Jenis kaca yang biasa digunakan sebagai pintu biasanya sangat sulit untuk dipecahkan. Kalaupun terjadi benturan yang sangat keras kemungkinan kaca hanya mengalami retak saja. Retakan-retakan inilah yang akan menyebar lama-kelamaan dan kaca kemudian hancur.

Baca juga: 5 Poin ini Wajib Diperhatikan Untuk Kontruksi Fasilitas Logistik

 

Hal ini jelas berbeda dengan kaca-kaca yang biasa digunakan pada jendela rumah, gelas dan sejenisnya. Kaca-kaca tersebut akan pecah dan pecahannya bertebaran dimana-mana. Pecahan yang dihasilkan juga akan membahayakan orang yang ada disekitar. Pada kaca yang biasa digunakan pada pintu kemunkinan pecah sangat kecil.

Beberapa keuntungan dari segi keamanan pintu yang terbuat dari kaca tersebut menjadi pertimbangan dalam penggunaan kaca sebagai pintu. Kemajuan teknologi dan manusia telah merubah berbagai pandangan manusia terhadap suatu barang. Salah satunya adalah kaca. Kaca yang dulunya dipandang sebagai media yang mudah pecah ternyata bisa menjadi barang yang sangat kuat dimasa sekarang ini.

Categories: Bahan Bangunan