Solusi Tepat Untuk Mengatasi Masalah Kutu Pada Karpet

Pernahkan barang-barang di rumah kalian rusak sehingga tidak bisa dipakai lagi? atau mungkin masih bisa dipakai tetapi sudah tidak bagus lagi? seperti lemari, pakaian, gorden, karpet dan lain-lain. Berbagai barang tersebut dapat rusak akibat ulah hama. Dua hewan tersebut adalah dua hama yang sering merusak barang-barang yang ada di rumah, tentu saja keberadaan mereka akan sangat mengganggu, oleh karena itu, hama ini harus segera dibasmi agar tidak membuat kerusakan yang lebih parah lagi.

Kutu Pada Karpet
Source via: dekoruma.com

Dalam artikel kali ini hargatokomaterial.com hanya akan membahas salah satu hama saja. Hama ini sering muncul dan merusak barang-barang seperti kain, pakaian, karpet dan barang lain yang mengandung benang. Ya, hama itu adalah kutu. Kutu ini paling sering menyerang karpet sehingga disebut juga sebagai kutu karpet.

Cara kutu karpet untuk merusak karpet yaitu dengan menggerogotinya. Kulit karpet digerogoti dan dimakan perlahan-lahan dan kelamaan karpet akan berlubang dan semakin habis. Karpet yang berlubang tentunya tidak akan nyaman untuk digunakan.

Solusi Untuk Mengatasi Masalah Kutu Pada Karpet

Pernah mendengar fase hidup kutu? Ada fase larva dan ada juga fase kutu dewasa. Baik kutu dewasa maupun larva tentu saja keduanya berbahaya. Kutu dewasa maupun larva dapat masuk ke rumah dan menyerang karpet. Bahkan larva yang dapat mengakibatkan kerusakan paling parah dibanding kutu dewasa, hal ini dikarenakan larva memakan barang-barang yang mengandung bahan organik. Ada beberapa bahan organik yang sering digunakan dalam pembuatan karpet seperti wol, sutera dan kulit.

Cara tepat agar kutu karpet tidak merusak karpet yaitu pastikan kalian memelihara karpet dengan baik. Caranya yaitu dengan rajin membersihkan karpet yang sering dipakai. Cuci karpet secara berkala agar karpet bersih dan terhindar dari kutu. Kalian juga bisa menggunakan alat penyedot debu untuk membersihkan karpet.

Pastikan sedot seluruh bagian karpet dan jangan sampai ada yang terlewat dan lakukan dengan rutin. Bahkan bila perlu kalian bisa menggunakan insektisida untuk mencegah kutu yang dapat menyerang karpet. Tetapi hati-hati jika kalian ingin menggunakan insektisida karena bisa saja menimbulkan bekas pada karpet.

Menggunakan Karpet Tile

Karpet Tile
Source via: karpetindah.com

Apakah kalian tahu tentang karpet tile? Karpet yang satu ini sedang digemari oleh banyak orang loh. Karpet ini juga dikenal dengan sebutan carpet squares, karena bentuknya yang persegi. Tidak seperti karpet pada umumnya, karpet ini berupa lembaran-lembaran berbentuk persegi. Karpet ini memiliki beragam ukuran tetapi kebanyakan berukuran 50 x 50 cm.

Awalnya karpet tile hanya dipakai di berbagai ruangan kantor saja, tetapi sekarang kita juga banyak menjumpai karpet ini di rumah-rumah. Karpet ini biasanya terbuat dari serat sintetis seperti nilon dan olefin serta bitumen atau PVC, karena terbuat dari bahan-bahan non organik karpet ini tidak akan mudah diserang oleh kutu karpet. Selain itu karpet ini juga hadir dalam beragam tekstur, warna, pola yang dapat kalian sesuaikan dengan desain yang kalian inginkan.

Baca juga: Varian Karpet Tile untuk Percantik Sudut Kantor

 

Nah jika kalian adalah orang yang sibuk atau mungkin tidak sempat merawat karpet dengan baik tentu saja karpet ini dapat menjadi solusi yang tepat. Pemasangan, penggunaan dan pemeliharaan jenis karpet ini tentunya sangat mudah jadi kalian tidak perlu khawatir. Karpet ini juga lebih praktis dan efisien. Eits jangan takut ya, walaupun memiliki banyak kelebihan harga karpet tile engga mahal kok bahkan tergolong murah.

Categories: Dekorasi