Trik Siapkan Gedung Di Lahan Dengan Tanah Rawan Amblas

Buat kamu yang ingin membangun rumah atau gedung, sangat penting untuk memperhatikan kondisi lahan. Pastikan untuk memilih lahan yang tidak mudah amblas, sehingga kamu tidak perlu membutuhkan banyak dana untuk memperbaiknya. Pilihlah lahan yang memiliki tanah yang padat, bukan tanah yang gembur bekas area sawah, bekas rawa-rawa dan berada di lereng gunung. Karena lokasi tersebut sangat memungkinkan tanah bergeser, sebagai akibatnya maka permukaan lantai akan menurun, tembok akan retak dan lebih parahnya lagi pondasi rumah akan amblas. Namun ada beberapa trik untuk kamu yang menginginkan lahan atau tanah yang aman, kamu bisa menggunakan floor hardener sika untuk meningkatkan kekerasan pada lantai beton, sehingga lantai tahan terhadap abrasi.

Trik Siapkan Gedung Di Lahan Dengan Tanah Rawan Amblas

Trik Mencegah Tanah Amblas

Buat kamu yang menginginkan pondasi gedung aman tidak akan amblas, maka kamu harus meminta bantuan terhadap ahlinya. Selain itu, pastikan proses pengerjakan dilakukan dengan baik dan menggunakan bahan-bahan material berkualitas tinggi. Dengan melakukan cara tersebut maka tanah gedung kamu tidak akan amblas. Keberadaan pondasi memang sangat penting, karena digunakan sebagai penobang bagi komponen rumah lainnya. Pondasi rumah yang kuat akan membuat rumah atau gedung tidak mudah ambruk. Dengan adanya pondasi yang kuat maka permukaan lantai juga tidak akan turun. Selain menggunakan pondasi kuat, kamu juga bisa memilih teknik sika floor hardener agar permukaan lantai tidak akan amblas.

Buat kamu yang tidak ingin menyesal di kemudian hari, maka ikuti beberapa tips diatas. Lalu, bagaimana jadinya jika kamu sudah membangun sebuah bangunan dan terjadi tanah yang amblas? berikut trik yang harus kamu lakukan :

1. Pertama-tama ketahui terlebih dahulu lokasi pondasi sebelah mana yang amblas, jika sudah ketemu maka angkat bagian lantai dan adukan semen serta timbunan tanah agar tanah tersebut keras. Alangkah baiknya lagi jika sebelum pembangunan dicek dahulu kondisi tanah untuk mengatasi tanah lantai yang ditakutkan amblas.

2. Pondasi yang amblas pasti memiliki tanah yang lembek, maka kamu bisa memadatkannya dengan dipress dan tambahkan krikil agar tahan padat.

3. Jika sudah dipadatkan maka langkah selanjutnya adalah menaburkan pasir hingga ketebalan 10 cm, kemudian siram menggunakan pasir dan dicampur dengan air.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja dari Sistem Penangkal Petir

 

4. Selanjutnya pasang kembali lantai sebelumnya atau lantai yang baru. Jika kamu memilih lantai lama jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu, jika menggunakan lantai baru maka tinggal tempel saja menggunakan perekat.

5. Perekat yang baik untuk menempel lantai adalah perekat yang menggunakan semen dan pasir dengan perbandingan 1:2, pastikan letakkan campuran semen dan pasir dengan rata.

Buat kamu yang ingin menggunakan sika floor hardener, maka bisa lakukan beberapa langkah berikut ini. Pertama siapkan permukaan lantai terlebih dahulu, silahkan buat pelat beton yang memiliki ketebalan minimal 15 cm, silahkan tuang beton. Kedua, silahkan ratakan beton dengan menggunakan batang besi, jangan lupa haluskan dengan menggunakan trowel. Ketiga, cek beton sudah siap atau belum kemudian taburi dengan bubuk floor hardener. Keempat, taburkan takaran hardener dan tunggu beberapa saat hingga padat. Kelima, lakukan penghalusan dengan menggunakan baling logam yang diputar, dan yang keenam adalah lakukan finishing penghalusan menggunakan putaran.

Dengan melakukan trik di atas pada lahan yang rawan amblas, maka gedung yang akan dibangun tidak perlu takut untuk amblas. Trik di atas sangat aman digunakan untuk pembangunan gedung di lahan rawa-rawa dan sawah.

Categories: Bahan Bangunan