Yuk Intip Berbagai Kegunaan Kawat Kasa!!

Kawat jenis kasa tidaklah mudah kita temui di dalam kehidupan sehari-hari, mungkin buat kalian yang masih sekolah kalian akan menemukan kawat kasa di laboratorium sekolah ketika melaksanakan beragam praktikum mata pelajaran kimia atau biologi, kalian juga bisa menemukan kawat ini ketika berada dirumah, biasanya kawat ini terpasang di jendela ataupun pintu. Kawat ini adalah anyaman halus yang terbuat dari besi atau aluminium yang memiliki daya lentur serta memiliki daya penghantar panas dan listrik yang baik, biasanya kawat ini memiliki tingkat kerapatan yang berbeda-beda tergantung dengan tujuan penggunaannya.

Kawat Kasa

Kawat yang Multi Fungsi di Rumah

Buat kamu yang masih mengenyam pendidikan di sekolah menengah ataupun bangku kuliah pasti tidak asing dengan kegunaan kawat kasa sebagai salah satu peralatan yang bisa ditemukan di laboratorium kimia. Kawat ini biasanya digunakan sebagai tatakan yang ditaruh di kaki tiga untuk menopang gelas ukur atau gelas piala saat dipanaskan oleh pemanas spiritus. Kawat jenis kasa dipilih karena bisa menghantarkan panas dengan maksimal dan baik, yang paling penting adalah kalian harus berhati-hati dalam menggunakannya, karena jika kalian menyentuhnya secara tidak sengaja maka bisa terkena luka bakar.

Kawat ini mudah sekali kalian temukan di beragam situs toko daring atau di toko peralatan kimia, biasanya kawat ini dijual secara satuan tetapi jika membelinya dalam jumlah yang banyak harga satuannya akan jauh lebih murah.

Hampir disetiap rumah pasti memiliki jendela, tetapi tempat pertukaran udara tersebut tidak bisa hanya ditutup dengan gorden minimalis, kalian perlu menambahkan kawat jenis kasa untuk menutupinya. Kawat ini akan berfungsi untuk mencegah serangga atau nyamuk masuk ke dalam rumah oleh karena itu kalian perlu memastikan membeli kawat dengan tingkat kerapatan yang tepat untuk rumah kalian. Selain di jendela rumah, kawat ini juga bisa kalian pasang pada pintu rumah atau bahkan lubang-lubang ventilasi di kamar mandi atau bahkan lemari penyimpanan makanan sehingga bisa mencegah serangga masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Kenapa Masih Gunakan Kusen Kayu Jika Kusen UPVC Jauh Lebih Kuat Dan Banyak Kelebihan

 

Tidak hanya mencegah serangga masuk ke dalam rumah, kawat ini juga bisa menghalangi debu dari luar rumah, tetapi harus kalian pastikan bahwa kawat-kawat ini dibersihkan secara berkala dua sampai tiga bulan sekali agar fungsi kawat maksimal.

Kalian bisa memesan penutup pintu atau jendela berbahan kawat ini di tukang kayu dan kusen langganan kalian atau bisa membelinya dalam bentuk gulungan kawat ini di toko bahan bangunan atau toko online dengan harga yang bervariasi tergantung dengan kualitasnya. Kekurangan penggunaan kawat ini untuk menjadi penutup beragam lubang ventilasi, jendela atau pintu adalah kondisinya yang mudah kotor.

Kawat untuk Karya Seni

Kawat untuk Karya Seni

Kawat jenis kasa ini juga biasa dimanfaatkan untuk kegiatan karya seni, biasanya digunakan para siswa untuk membuat patung dari bubur kertas. Kawat ini digunakan untuk menjadi tulang atau pondasi dari patung bubur kertas, karena sifat kawat yang lentur sehingga mudah untuk dibentuk hanya dengan menggunakan kekuatan otot tangan.

Di beberapa orang yang memiliki tangan kreatif, kawat jenis kasa bahkan bisa langsung dibentuk menjadi patung-patung dengan beragam ukuran sesuai dengan keinginan pemesannya. Keunggulan patung dari bahan kawat ini adalah bobotnya yang ringan sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan sesuai dengan keinginan. Nah itulah beberapa manfaat kawat kasa. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan kalian.

Categories: Bahan Bangunan